Senin, 20 Juni 2011

Kekhususan Elektrostatik.


Kekhususan Elektrostatik.

Elektrostatik adalah muatan listrik yang tidak mengalir dan statik. Elektrostatik adalah semacam fenomena fisika obyektif yang tak kelihatan dan terdapat di mana-mana, adalah akibat hilangnya keseimbangan muatan positif dan negatif dalam lingkup lokal. Elektrostatik terdapat pada permukaan benda, dan mempunyai kekhususan potensial tinggi dan volume listrik yang rendah. Pada saat terjadi interaksi dengan benda lainnya, elektrostatik akan memiliki ciri berarus listrik kecil yang berfungsi dalam waktu pendek.
Dalam kehidupan sehari-hari, umum dapat menemukan banyak keadaan yang dapat menimbulkan elektrostatik. Misalnya orang berjalan di atas karpet, dapat menimbulkan elektrostatik yang bervoltase lebih dari 2000 volt, dan orang yang masuk ke ruang dari alam terbuka, ketika menanggalkan baju mantelnya yang terbuat dari bahan poliester akan melahirkan elektrostatik yang bervoltase antara 50 dan 100 ribu volt. Benda apa pun dapat menimbulkan muatan elektrostatik karena saling bergesek, dan beberapa besar muatan elektrostatik yang ditimbulkannya akan tergantung pada kecepatan pergesekan itu, jenis bahannya dan kondisi lingkungannya.

Bahaya-bahaya Yang Ditimbulkan elektrostatik terhadap manusia
Taraf akumulasi muatan elektrostatik pada badan setiap orang tidak sama, sehingga volume elektrostatik yang terbawa tubuh juga berbeda. Ketika voltase elektrostatik mencapai 2000 volt, pelepasan listriknya akan terasa pada jari tangan. Ketika melampaui 3000 volt dapat menimbulkan bunga api listrik sehingga jari tangan terasa seperti disengat, dan ketika voltasenya lebih dari 7000 volt, badan manusia terasa kena setrum. Pelepasan elektrostatik dari badan manusia dapat terjadi setiap waktu, misalnya ketika tangan menyentuh pegangan logam pintu dan kran leding di kamar mandi, dan ketika jari tangan tak sengaja menyenggol kabinet logam mesin komputer, akan mendadak terdengar bunyi " Pak !" yang langsung membuat badan seperti tersetrum, rasa linu, sakit , gemetar dan berdebar-debar segera meliputi seluruh badan.
Bahaya elektrostatik terhadap kesehatan badan termanifestasi di banyak bidang. Debu dalam jumlah besar yang menempel di pakaian karena elektrostatik mengandung berbagai jenis virus, kuman dan materi berbahaya, sangat mempengaruhi saluran pernapasan, yang ringan dapat memicu bagian hidung dan hulu kerongkongan merasa tidak nyaman, yang berat bahkan memicu radang batang tenggorok atau kambuhnya penyakit asma. Elektrostatik mempengaruhi keseimbangan fisiologi organ badan, mengganggu emosi seseorang, membuat orang resah, pening dan sakit kepala, insomnia atau sulit tidur, sesak dada, efisiensi kerja dan mutu kehidupan menurun, lebih-lebih akan lebih parah merugikan penderita neurastenia atau lemah saraf dan penyakit jiwa . Gangguan elektrostatik pada kulit dapat mengubah perbedaan potensial elektrik permukaan tubuh manusia, mempengaruhi proses elektro-fisiologi wajar pada otot jantung. Orang lanjut usia lebih mudah terpengaruh oleh elektrostatik karena keringnya kulit, menuanya sistem pembuluh darah jantung, melemahnya daya tahan gangguan dan menipisnya dinding dada. Lebih-lebih bagi orang lanjut usia yang sudah mengidap berbagai penyakit pada sistem pembuluh darah jantungnya, elektrostatik akan lebih memperparah penyakitnya atau memicu denyut prematur ventrikular. Elektrostatik berlangsung dalam waktu panjang dapat memungkinkan naiknya kadar alkali dalam darah dan berkurangnya kalsium darah, volume pembuangan kalsium melalui air kemih bertambah, dan sangat tidak menguntungkan bagi pasien yang rendah level kalsium darahnya.
Pencegah elektrostatik.
Sebenarnya tidaklah sulit mencegah elektrostatik, dapat diambil beberapa cara efektif sebagai berikut.
Sebaiknya tidak menggunakan karpet dari bahan serat kimia di dalam ruang, apalagi di kamar yang ada pesawat televisi dan AC.
Dijaga kelembaban tertentu di dalam ruang, lebih baik lagi bila dipasang alat pelembab, juga dapat menambah kelembaban udara dengan meletakkan sebuah akuarium atau sebuah pot tanaman hijau di ruang.
Pesawat televisi atau komputer yang sedang bekerja dapat melahirkan partikel elektrostatik di sekitarnya yang dapat menyedot sejumlah besar debu di udara. Debu yang menyandang listrik itu dapat menimbulkan pengaruh buruk terhadap kulit dan saluran pernapasan manusia, maka, haruslah sering membuka jendela untuk ventilasi, harus membasuh muka dan mencuci tangan setelah menonton tayangan televisi atau menggunakan komputer.
Memilih bahan yang tidak peka terhadap elektrostatik, misalnya pakain dalam, selimut, seprei dan sarung bantal dari produk kapas murni . Ini pada taraf tertentu dapat mencegah tersengatnya oleh listrik dan menempelnya debu.
Rajin mandi dan ganti pakaian dapat dengan efektif melenyapkan muatan listrik dan debu yang menyandang listrik yang terkumpul di permukaan badan. Maka, orang lanjut usia, anak kecil, penderita yang kurang baik sistem pembuluh darah jantung dan orang yang sangat peka terhadap elektrostatik dianjurkan harus memperhatikan kebiasaan itu, apalagi pada cuaca kering.
Harus dipasang kabel tanah untuk alat-alat listrik keperluan rumah tangga, lebih-lebih bagi mereka yang tinggal di rumah tua harus lebih memperhatikan pemasangan kabel itu untuk mencegah kebakaran.
Singkat kata, cara pokok mencegah elektrostatik ialah mencegah timbulnya akumulasi elektrostatik dan pelepasan elektrostatik. Yang depan menghadang elektrostatik dari sumbernya, dan yang belakang menyalurkan dengan baik elektrostatik yang sudah ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar